Monday, February 11, 2013

Sawah Subur, Bangsa Makmur !

Sawah Subur, Bangsa Makmur ! - Itulah slogan atau tagline yang tepat untuk mengekpresikan bagaimana peranan sawah terhadap kehidupan bangsa.  Semakin subur sawah, kehidupan bangsa akan semakin makmur pula.  Sawah menjadi sebuah tempat dimana bangsa Indonesia menggantungkan hidupnya terhadap tumbuhan yang ditanamnya dengan pola penanamannya yang indah.  Dengan keindahannya, sawah menjadi inspirasi kita untuk menggambar saat tumbuh kembang kita.  Orang yang normal pasti pernah menggambar kurang lebih  skemanya seperti berikut.  Setuju sobat? ^_^


Selanjutnya masuk dalam pembahasan tentang pembuatan slogan atau tagline yang saya cantumkan dalam http://pertanian77.blogspot.com/ yaitu Sawah Subur, Bangsa Makmur !  Alasan saya menggunakan slogan atau tagline tersebut karena dengan adanya sawah yang subur bangsa dapat menikmati hasil dari semua yang diperoleh dari sawah tersebut, sampai saat ini pun kita merasakan manfaat dari sawah yaitu makanan pokok kita.

Berikut definisi slogan atau tagline per kata.

 Sawah adalah sebuah lahan dimana dipergunakan untuk usaha pertanian, sawah dapat ditanami padi, palawija atau tanaman budidaya lainnya yang cocok dalam ekosistem sawah.

 Subur adalah suatu keadaan dimana sesuatu dapat berkembang dengan baik.

 Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter yang tumbuh karena adanya kesamaan nasib.

 Makmur adalah sebuah kondisi dimana kebutuhan dasar kita telah terpenuhi dan kita merasa puas akan hal tersebut, bukan berarti kita kaya raya dengan uang banyak namun lebih kepada kepuasan seseorang yang melebihi apa yang seharusnya diinginkan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Sawah Subur, Bangsa Makmur ! adalah sebuah lahan dimana dipergunakan untuk usaha pertanian dengan keadaan yang berkembang dengan baik, yang dapat membuat kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter yang tumbuh karena kesamaan nasib tersebut dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dan memberi kepuasan yang melebihi dari apa yang diinginkan.


Bukan manfaat itu saja yang dihasilkan dari sawah, sawah juga dapat menambah devisa negara dengan kegiatan ekspornya ke negara tetangga dan dapat menambah lapangan pekerjaan dengan semakin banyaknya sawah yang harus dikerjakan.  Jadi dengan semakin luas sebuah sawah, semakin membuat bangsa menjadi makmur dengan peranan sawah! ^_^

Namun keberadaan sawah semakin sedikit saja tergerus oleh keangkuhan beton pondasi bangunan, sedih rasanya menyaksikan sawah-sawah diuruk dan diratakan dengan begitu angkuhnya. Mungkin mereka yang membumi hanguskan sawah tak lagi peduli dengan kegunaan sawah yang sangat membuat bangsa Indonesia makmur dengan peran sawah, tak lagi memikirkan betapa sawah sangat berguna untuk kehidupan mereka.

Jadi betapa bermanfaatnya sawah bagi kehidupan kita. Masih kita tega membumi hanguskan sawah? Sawah akan tetap ada dan bermanfaat jika kita melestarikan dengan baik.
Maka dari itu, mari kita lestarikan sawah. Lestarikan alam, sebab 
Sawah Subur, Bangsa Makmur !

Referensi :
id.wikipedia.org/wiki/Sawah
green.kompasiana.com/penghijauan/2012/03/04/lestarikan-sawah-444015.html
deddyl.blogspot.com/2011/07/beras-impor-tanya-kenapa.html - ( Gambar I )
indonesiadalamtulisan.blogspot.com/2012/12/gambar-pemandangan-sawah.html - ( Gambar II )

 Lomba Tagline | Lomba Tagline IPB | Tentang IPB | Tagline Pertanian | Lomba IPB

Belum Ada Komentar